Tulis Resepmu Bersama Nakami – Schotel Kentang

 

Salah satu menu masakan yang sering saya buat adalah SCHOTEL. Pokoknya semua jenis masakan yang menggunakan metoda memasak schotel adalah favorit saya. Kenapa begitu ? Karena gampaang bingitt … nyaris nggak pernah gagal. Ya kalaupun dikatagorikan gagal, masih bisa tetep dimakan karena ingredient yang dipakai sudah jaminan mutu pasti jadinya.

Ingredient utama schotel adalah susu, telur, karbohidrat plus protein , itu juga kalau ada. Karbo-nya kita bisa pakai pasta atau kentang, sedang protein bisa macam-macam, mau pakai daging cincang, smoked beef, sosis, kerang, udang, terserah deh.

Prosedur masak schotel juga tidak ribet. Tidak memerlukan keahlian khusus, dan bagian paling enaknya adalah kita nggak perlu nungguin di depan kompor sampai schotel itu matang. Kan, kita masukkan ke dalam oven, lalu stel timer di oven. Sementara alarm belum berbunyi, kita bisa kerja kerja yang lain. Nyapu, ngepel, nyuci piring …. Gitu dehh terlalu banyak yang harus dikerjakan padahal tangan cuma dua, ya J

Schotel yang sekarang saya buat ini menggunakan kentang sebagai karbohidratnya. Kentang saya rebus, lalu dihancurkan asal saja, tidak perlu sampai jadi pure. Jadi ada yang masih mrengkel-mrengkel, ada yang kecil kayak krikil dan ada juga yang halus.

Lalu proteinnya saya menggunakan home-made cornet. Cara buat cornet juga mudah dan pakai prosedur yang santai. Instruksi di resep yang saya pakai memasak dengan menggunakan pressure cooker. Tapi saya ganti dengan menggunakan slow cooker. Pressure cooker memiliki proses masak yang berlawanan dengan slow cooker, tapi saya lebih suka masak dengan slow cooker karena saya bisa masukkan daging di waktu malam dan ketika pagi daging sudah empuk tinggal diproses.

Ini cara membuat home-made cornet

Bahan :

  1. 1 kg daging sapi, potong-potong. Perhatikan seratnya, apabila hasil yang kita inginkan berserat panjang, maka potong daging dengan ukuran besar. Begitu juga bila kita ingin seratnya pendek maka potong dengan ukuran lebih kecil
  2. 2 buah tomat direbus, hancurkan
  3. Sendawa
  4. 5 butir Bawang merah
  5. 1 butir bawang bombay
  6. 500 ml air
  7. Pala
  8. Lada
  9. Kayu Manis
  10. 200 cc Susu cair
  11. Garam

Cara pembuatan :

  1. Daging dilumuri sendawa dan sedikit garam lalu masukkan ke kulkas semalaman.
  2. Keluarkan daging dari kulkas, cuci daging.
  3. Rebus daging hingga empuk bersama dengan irisan bawang merah, pala dan kayu manis. Berhubung saya pakai slow cooker, jadi daging saya masukkan slow cooker bersama dengan air. Besok paginya pasti sudah empuk.
  4. Tumis irisan bawang bombay, masukkan pasta tomat, masukkan daging dan pala. Masukkan kaldu, masak sampai daging hancur dan kaldu meresap.
  5. Masukkan susu cair, masak sampai susu meresap.
  6. Angkat

Nah, kornet sudah siap untuk dikonsumsi ataupun diolah menjadi masakan lainnya. Kalau belum ingin dipakai, setelah dingin saya bagi per 200 gram lalu dimasukkan ke dalam freezer.

Karena sebelumnya saya sudah membuat cornet, jadi saya tinggal ambil saja dari freezer ketika mau membuat schotel.

Untuk resep schotelnya sendiri adalah seperti berikut :

Bahan :

  1. 1 kg kentang. Rebus, kupas dan hancurkan asal saja menggunakan garpu.
  2. 1 butir Bawang bombay
  3. 4 butir Bawang putih
  4. 200 gr home-made cornet
  5. 5 butir telur
  6. 600 cc susu segar
  7. 1 buah cabai merah
  8. 100 gram keju dipotong kecil, sebagian diparut untuk taburan

Cara pembuatan :

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  2. Masukkan irisan cabai merah
  3. Masukkan cornet
  4. Masukkan kentang
  5. Matikan kompor. Masukkan susu segar dan telur yang sudah dikocok lepas.
  6. Masukkan keju. Aduk rata
  7. Olesi loyang dengan margarine, tuang semua bahan ke loyang . Taburi parutan keju
  8. Masukkan oven yang sebelumnya sudah dipanaskan 180 derajat celcius selama 30 menit (disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing)

Mudah bukan ?

 

 

 

Schotel kentang yang sedap ini pastinya akan semakin sedap kalau kita hidangkan di piring yang dikeluarkan oleh Nakami.

Lohhh… Nakami itu emangnya apa ? Siapa sudah tahu ?

Kalau jalan-jalan ke tempat yang menjual pecah belah, coba perhatikan merk-nya. Bisa jadi produk yang ada di dapur kita ternyata adalah Nakami ! Karena Nakami adalah brand nasional yang memiliki pendistribusian yang cukup merata di seluruh Indonesia. Kalaupun kita nggak sempat jalan-jalan, kita juga bisa membeli produk Nakami di online shop yang sudah sangat terkenal, yaitu Lazada.co.id .

Produk-produk Nakami terutama adalah pecah belah mulai dari perlengkapan penyaji teh, pemanas makanan, toples kue, piring cantik dan masih banyak lagi.

Ini salah satu produk Nakami yang menurut saya cocok deh untuk menyajikan irisan schotel buatan saya ini. Kebetulan juga kita bisa membeli produk ini dengan harga discount 10% dari harga normal jika kita beli di Lazada.

 

Jadi tunggu apa lagi ? Mari kita masak masakan yang mudah prosedur masaknya tanpa melupakan kelezatan masakan, dan sajikan masakan kita di piring Nakami yang cantik ini.

 

Posting-an ini dibuat untuk meramaikan challenge dari Indonesian Food Blogger dan Lazada dalam rangka ulang tahun Indonesian Food Blogger yang ke tiga.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s