Sushi Matsu – Irrasshaimase …

Acara kumpul-kumpul dengan teman-teman dari Indonsian Food Blogger adalah acara yang selalu saya tunggu-tunggu. Rasanya senang sekali bisa bertemu dengan teman-teman yang awalnya saya kenal dari tulisan-tulisan mereka di blog masing-masing. Nah, kebetulan bulan ini adalah bulan ulang tahun Indonesian Food Blogger yang ke-3 , jadi ada beberapa acara yang diadakan untuk meramaikan ulang tahun Indonesian Food Blogger. Salah satu acara bulan Oktober ini adalah resto review restoran Jepang di kawasan BSD City, Sushi Matsu.

Ragam masakan Jepang, khususnya sushi, sudah tidak perlu diperkenalkan lagi di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Kita dapat dengan mudah menemukan restoran Jepang, bahkan warung-warung tenda dengan menu masakan Jepang tersebar di mana-mana. Masakan Jepang dapat diterima dengan mudah oleh lidah orang Indonesia, meskipun untuk beberapa jenis masakan terasa kurang ‘bumbu’, dibandingkan dengan masakan Indonesia yang begitu kaya dengan ragam campuran bumbu. Tapi menyantap masakan Jepang bisa jadi pengalaman yang memperkaya pembendaharaan kita mengenai kuliner dunia.

Meskipun namanya Sushi Matsu, Sushi Matsu tidak saja menyajikan sushi sebagai menu satu-satunya. Selain sushi, Sushi Matsu juga menyajikan sashimi, miso soup, wakame, unagi dan banyak lagi masakan Jepang yang lezat-lezat.

Sushi Matsu adalah pilihan warga BSD City untuk menyantap hidangan Jepang yang enak tanpa perlu pergi ke ‘tengah kota’, dan Sushi Matsupun bisa menjadi pilihan warga Jakarta lainnya karena akses menuju BSD City sudah dimudahkan dengan adanya tol lingkar luar. Dengan menggunakan tag line “Authentic.Zestful. Affordable ” ,Sushi Matsu merupakan pilihan tepat untuk pecinta kuliner Jepang yang ingin mendapatkan hidangan yang authentic dan lezat.

Irrasshaimase ….. Begitulah sapaan ramah para pelayan Sushi Matsu menyambut kedatangan saya di Restoran Sushi Matsu yang terletak di Ruko Golden Madrid, tepat di depan Pasar Modern BSD City. Restoran terdiri dari dua lantai. Selain meja biasa, di lantai pertama juga terdapat Sushi Bar. Nah, kalau kita duduk di situ, kita bisa melihat secara langsung atraksi para koki membuat sushi.

Tentunya untuk membuat sushi diperlukan tangan-tangan trampil yang harus selalu bersih, bekerja dengan cepat serta menghasilkan sushi-sushi yang cantik dan lezat. Ada tiga orang koki yang bekerja secara bersama-sama sehingga selain kita bisa melihat pembuatan sushi yang sangat menarik, sushi yang dipesan para pelanggan juga dapat dengan cepat terhidang. Kebayang , kan kalau kokinya cuma satu, pasti antrian pemesan sushi jadi panjang.

Lantai 1 Restoran Sushi Matsu yang bersiiihh banget …

Koki sedang menyiapkan Crunchy Ebi Tempura.

Lihatlah tangan-tangan trampil yang sedang membuat California Roll.

Acara berlangsung di lantai 2. Ketika saya datang, di sana sudah berkumpul beberapa orang teman. Di lantai 2 suasana lebih santai karena kita bisa duduk lesehan di meja tradisional Jepang. Saya lalu mencari meja kosong, dan saya pilih di tempat lesehan.

Suasana santai di lantai 2.

Kebetulan saya tidak duduk dekat Mas Peter dan Mbak Irene Wiryawan dari Sushi Matsu, jadi tidak sempat ngobrol-ngobrol. Apalagi beliau berdua sibuk mempersiapkan menu-menu yang akan dihidangkan.

Dari informasi yang kami terima, Sushi Matsu didirikan pada tanggal 18 Mei 2014. Jadi masih tergolong baru. Dan mudah-mudahan Sushi Matsu berumur panjang seperti arti dari Matsu itu sendiri. Matsu yang di Bahasa Jepang berarti Pohon Cemara, mengandung makna keberuntungan, umur panjang. Pohon Cemara Jepang itu juga yang menjadi logo dari Sushi Matsu.

Mas Peter dan Mbak Irene lalu mengeluarkan menu-menu andalan dari Sushi Matsu. Kami, photographer wanna be ini, mulai asik mengambil gambar. Tidak lupa juga kami mencoba menu-menu masakan tersebut.

Ini sebagian menu yang dihidangkan. Haaa >>??? Sebagian..??? …. Hiyaaa…. Karena setelah menu ini ludes disikat bersih, keluar lagi menu-menu yang lain. Luar biasa , yaa … Untungnya kami yang datang cukup banyak, artinya tidak ada menu yang bersisa !! … Ahhh lapar atau doyan, nih ..:)

Avocado Salad. Salad ini enak, segar, terdiri dari alpukat, daging kepiting, rumput laut, irisan tipis wortel dan sayur-sayuran lainnya. Harganya Rp 27.000.

Takoyaki ! .. Siapa tidak suka ? J … Ini adalah octopus ball, atau semacam bakwan yang terbuat dari tepung takoyaki atau tepung okonomiyaki, jahe, bawang yang dibentuk bulat lalu di bagian tengahnya diberi irisan octopus atau gurita. Biasanya kalau kesulitan cari gurita bisa diganti dengan cumi. Adonan lalu digoreng dalam minyak panas yang banyak, setelah itu dihidangkan dengan diberi saos takoyaki, mayonais dan ditaburi aonori flakes.

Karena sudah terpapar makanan Jepang yang segar-segar tanpa dimasak, sebagian orang Indonesia sudah terbiasa makan sashimi. Ini adalah Maguro atau sashimi ikan tuna. Yang sebelah kiri itu , ayyy..cantiknyaa…. adalah garnish dari timun. Rp 42.000

Sashimi yang ini tentu sudah pada kenal. Yaa benar ..! Ini adalah salmon bagian perut, atau lebih dikenal sebagai Salmon Belly. Lembut, karena memang bagian perut ikan adalah bagian terbaik dari ikan…Itu menurut saya, yaaa … tapi bisa jadi memang demikian. Salmon Belly diberi harga Rp 53.000. Jika ingin Salmon biasa diharga Rp 46.000.

Salah satu menu andalah Sushi Matsu adalah Beef Katsu Curry (Rp 53.000) dan Chicken Katsu Curry Rice (Rp45.000).

Tamago atau omelet, Rp 13.000.

Lalu pada bertanya … sushinya mana ??…. sabar , yaa ….sekarang giliran sushi ditampilkan J

Saya tidak terlalu hapal nama-nama sushi, tapi ini sepertinya California Roll Sushi. Fusion sushi yang sangat digemari. Isinya daging kepiting, alpukat, lettuce, kemudian setelah digulung ditaburi telur ikan terbang. Tentu saja penambahan saus menambah kelezatan sushi ini. Californian Roll Sushi Rp 25.000.-.

Harga rata-rata untuk sushi adalah Rp 25.000. Untuk sushi dengan ingredient yang lebih kompleks sekitar Rp 40.000 ke atas.

Black Dragon Sushi. Sushi ini terdiri dari tempura udang ,alpukat dan unagi atau belut. Lalu di bagian atas diberi hiasan telur ikan terbang. Rp 90.000.

Ini hidangan di meja sebelah… Hmmm… sepertinya meja sebelah sedang kelaparan berat ..ha ha ..

Nah..gimana ? kelihatan enak ? Bukan cuma kelihatan enak, tapi hidangan di Sushi Matsu memang benar-benar enak. Jadi tunggu apa lagi. Mbak Irene dan Mas Peter akan menyambut kedatangan teman-teman di sana dengan ramah dan pengalaman menyantap hidangan di Sushi Matsu bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, dan juga mengenyangkan J

Itadakimasu…..Silakan makan…

 

===============

SUSHI MATSU

Ruko Golden Madrid 2 Blok G No. 6 (seberang Pasar Modern BSD)

BSD City, Tangerang

Telp. 021-53164795

Jam buka :

Weekdays : 11.00 – 21.00

Weekend : 10.00 – 21.00

Twitter : @sushimatsuresto

IG : sushimatsu

FB : sushi matsu

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s