9 September yang Unik

Tahun 2000 dokter menyarankan saya untuk melakukan operasi cesar untuk kelahiran anak pertama kami karena letak bayi yang tidak kunjung berbalik dari kondisi sungsang, juga kondisi leher bayi yang terlilit tali makanan. Kebetulan bulan ke-9 kehamilan saya jatuh pada awal September. Dokterpun menanyakan kira-kira pada tanggal berapa operasi dapat dilakukan, tentunya setelah dia memberi range tanggal dalam minggu yang tepat untuk melahirkan.

Kami berdua memilih tanggal 5 September, karena tanggal itu adalah tanggal kelahiran suami saya. Insya Allah ulang tahunnya bisa bareng, kan. Eh, ternyata dokter menolak tanggal tersebut!

Dokter bilang kalau dia punya pengalaman tidak mengenakkan dengan cara penentuan tanggal operasi yang disamakan dengan ulang tahun seseorang. Wah, saya nggak tanya macam-macam pengalaman apa yang begitu membekas di hati dokter tersebut. Tersirat kami tahu maksudnya, tapi tidak coba mereka-reka dan kamipun tidak mau membahas.

Seperti halnya menentukan nomor cantik HP, untuk awal bulan September begitu mudahnya kemudian kita menemukan tanggal cantik. Yaitu tanggal 9. 9 September tahun Naga Emas ! Ya, tanggal 9 Sept 2000 disepakati dokter akan mengoperasi saya.

Kita manusia tentu hanya bisa sebatas merencanakan dan berikhtiar agar rencana itu terlaksana. Persiapan saya adalah mengajukan cuti mulai tanggal 5 September agar bisa beristirahat sebelum menghadapi operasi pertama dalam hidup saya. Tanggal 4 September saya masih melakukan meeting sampai pukul 8 malam, semacam meeting serah terima kerjaan. Semua terlihat akan terlaksana sesuai rencana.

Tanggal 5 September pagi saya cari nomor telp. bakery untuk pesan cake ultah suami yang rencananya mau dibawa ke kantornya. Tapi tiba-tiba ada sedikit bercak, meski tidak terasa sakit sama sekali. Sayapun mengkontak dokter. Saya yang tidak punya pengalaman apa-apa waktu itu santai saja. Tapi dokter bilang kalau saya musti diperiksa saat ini juga.

Dengan membawa tas ransel kecil yang berisi dompet dan bedak kamipun langsung ke rumah sakit. Waktu itu yang ada di pikiran saya, setelah periksa kami akan ke Carefour membeli satu dua perlengkapan bayi yang masih kurang. Tapi kemudian setelah diperiksa dokter bilang saat ini juga saya harus dioperasi!

To make long story short, lahirlah anak pertama kami di tanggal yang tadinya dokter tidak mau melakukan operasi ! Kami nggak mau berfikir macam-macam, semua sudah diatur sama Tuhan. Alhamdulillah semua berjalan dengan aman.

9 September yang tadinya akan jadi angka cantik tanggal kelahiran anak kami tinggal kenangan. Tidak menjadi masalah. Malah sekarang ada 2 orang di rumah yang ulang tahunnya bersamaan, tanpa direncanakan meskipun kelahiran melalui operasi cesar.

9-9-09 memang unik sehingga kadang kita ingin moment tertentu dalam hidup kita memiliki angka unik tersebut. Tapi, setiap hari juga unik. Setiap menit, setiap detik dalam hidup kita adalah unik, karena setiap waktu itu, berapapun angka yang tertera di dalam satuan tahun, bulan, hari, jam, menit ataupun detik  tidak akan pernah terulang lagi dalam hidup kita. Unik, kan ?

Tinggalkan Balasan

