Albertine Endah Si Selebriti

 

Saya ngga kenal Albertine Endah.  Nggak bakal ngenalin kalau ketemu di jalan, karena memang nggak hapal mukanya kayak gimana.

 

Dulu pernah nonton di infotainment tentang Venna Melinda yang bikin buku dengan  Albertine Endah. Saya ngga belilah buku itu. Ngga nge-fans sama Venna Melinda soalnya.  Jadi beritanya lewat begitu saja.

 

Eh tapi ternyata dia bikin memoar buat Chrisye. Saya nggak baca juga. Bukannya nggak ngefans sama Chrisye. Cuma males aja lah.

 

Beribu alasan pokoknya. Pada intinya, saya nggak tertarik membeli buku karya Albertine Endah. Hati saya sudah tertambat di NH Dini.

 

Tiba saatnya ketika ada cerita bersambung berjudul “Selebriti” di Kompas. Penulisnya Albertine Endah. Satu episode, dua episode lewat. Tapi lama-lama saya kok jadi kecanduan baca cerbung itu. Pernah saya pergi ke luar kota selama seminggu. Jadi agak sakau dan penasaran sama jalan cerita yang terputus. Untung korannya belum diloakin, jadi masih bisa saya baca sepulang dari luar kota.

 

“Selebriti” ini bercerita tentang Icha,  cewe desa yang tergila-gila sama infotainment. Dia hapal nama-nama artis dalam dan luar negeri. Dia hapal semua gosip yang beredar di dunia selebriti, tentunya lewat tayangan infotainment di tivi. Cerita terus bergulir sampai tau-tau dia sendiri terjun di dunia selebriti yang biasanya cuma bisa dia lihat di tivi aja. Ketemu KD yang ramah, Luna Maya yang cantik dan semua selebriti itu tiba-tiba bisa dia lihat langsung.

 

Dia kemudian jadi asisten artis penyanyi dangdut yang jadi simpanan pejabat yang memperlakukan dia dengan semena-mena.  Ketika di penyanyi dangdut dilabrak sama istri pejabat, Icha ikut terpontang-panting, ehh ndilalah ketemu sama wartawan yang mempertemukan dia sama rapper ngetop yang lalu menjadikannya manager artis. Icha yang awalnya ikut ketiban sial gara-gara si penyanyi dangdut serasa menemukan dunia yang menyenangkan. Dia dapat handphone. Punya waktu luang buat belanja-belanja, malah jadi pacar si rapper. Icha sudah bisa ber-tank top seperti mahasiswi-mahasiswi jaman sekarang.

 

Ternyata dunia gemerlapnya hanya sebentar ketika si rapper kepergok menyimpan ganja. Sialnya, si rapper ketangkap setelah dia mengajak Icha nikah ! Icha lalu memutuskan pulang kampung. Tapi sebelum pulang kampung, seorang superdiva menawari pekerjaan manager artis kepadanya.

 

Dari penyanyi dangdut simpanan pejabat, rapper yang ngeganja, kemudian dia ketemu superdiva yang ternyata nyandu juga. Bukan nyandu ganja tapi nyandu sex !! Seru kan.

 

Nah , sampai hari ini ( 8/8/08 ) itu status terakhir cerita bersambung “Selebriti”.

 

Lucu, segar, tapi saya bilang sih agak berlebihan menggambarkan tokoh Icha sebagai tokoh sentral.  Aura Icha dari pertama bukan aura anak kampung.  Rata-rata para tokoh punya aura yang sama yan g bisa dilihat dalam percakapan-percakapan mereka, istilah yang dipakai, idiom-idiom gaul jaman sekarang atau celetukan-celetukan yang menohok. Kalau Albertine Endah itu anak gaul, kayaknya tokoh Icha itu adalah si penulis sendiri.   Ini baru kayaknya lho.

 

Secara keseluruhan ceritanya ringan dan enak dibaca. Kadang-kadang saya senyum-senyum sendiri membayangkan Icha yang meruntuki nasipnya punya cowo yang ternyata jadi bencong ! Kalau cowo kamu jalan sama cewe lain, kamu bisa labrak cewe itu sampai puas.  Tapi kalo ternyata cowo kamu berubah jadi bencong, mau ngapain coba?

 

Dan saya masih menanti Kompas besok pagi. Menanti segimana dahsyatnya Si Superdiva di pentas maupun di kamar. Apakah Si Penyanyi Dangdut akan muncul lagi setelah sempat dia bilang berhutang budi ke Icha ? Apa Icha jadi manager artis profesional atau mutung balik kampung ? Apakah  Deden, si mantan yang jadi bencong akan muncul dengan setting yang lebih memalukan ?  Ah penasaran, nek ! 

 

Jadi, Albertine Endah, saya akhirnya baca juga tulisanmu.

7 thoughts on “Albertine Endah Si Selebriti

  1. Karena saya fans chrisye, saya beli dan baca buku biografi almarhum karangan AE, selain bernostalia dengan kisah masalalu dan fotonya, kekuatan cerita dan penuturan oleh AE sungguh bagus dan membuat serasa kita melihat dan ada didekat chrisye ketika saat itu berlangsung….
    “Selebriti” di kompas? setelah beberapa episode saya baca, langsung saya stooooooooooooop!!! karena saya tidak mau kehidupanku terganggu dengan kecanduan menunggu hari esok menunggu lanjutannya.Jadi masalahnya : Aku hanya mau baca kalau sudah jadi buku, supaya puas, tuntas dan lemas…ih apaan sih gue? yang pasti ancaman cuma satu, segera jadikan buku, mudah-mudahan aku dapat buku gratisan sebagai hadiah, hehe…………

  2. Walaupun saya penggemar Chrisye sejak SMP dulu dan begitu bangga akan “Badai Pasti Berlalu” (seolah-olah saya ikut terlibat dalam pembuatan Magnum Opus ini hehehe), tapi untuk membeli bukunya, perlu ngga ya, kan mahal juga, pikir saya.

    Akhirnya, hati saya juga yang menang. Dan yang terjadi kemudian, adalah saya tenggelam kedalam ketakjuban. Chrisye ternyata begitu humble dan he is a GREAT person. And it was a great story. Membayangkan ajaibnya ketetanggaan Chrisye dengan Nasution Bersaudara dan bagaimana Album-album Masterpiece itu dibuat, benar-benar terharu.

    Thanks AE for introducing us to the Phenomenon.
    I believe you should read the Biography.

  3. aq bagaikan tersihir ama buka “jangan beri aku narkoba”,, aq ngerasa ceritanya reall buangetss,,,

    ampe skg aq jg ngefens berat buanget ama A.endah,,
    tp,, knp ceritanya bikin penasan,, coz akhinya ARIMBi sang tokoh utama g d’ jelasin lg nasib akhinya,,

    kalo leh aq kash saran,, ada in dong buku biografi yg ke2 nya,, penasaran neh,, mbak,,

Tinggalkan Balasan

