Try Out Akbar Nasional 2008

Minggu pagi nan cerah sehabis semalam kilat menyambar dan hujan di sebagian Jakarta, saya ikut terlibat dalam Try Out Akbar Nasional yang diadakan oleh Bimbingan Belajar Bintang Pelajar di Gelora Bung Karno. Tau kan kalo hari minggu pagi ke Senayan ? Hari minggu biasa aja macet apalagi hari ini ada  8932 anak SD, 7664 anak SMP dan 1962 anak SMA ikutan Try Out beserta ibunya, bapaknya, gurunya, adik kakaknya, pacarnya dll yang ikutan nganterin.

Saya tahu detail jumlah siswa yang ikutan, setidaknya mereka yang mengumpulkan lembar jawab,  karena pemeriksaan ujian dikerjakan oleh kantor saya. Kami periksa pakai scanner dan software pembaca tanda (Mark Reader) , dengan demikian proses pemeriksaan menjadi cepat dibanding periksa cara manual.

Semua yang pernah ikutan ujian masuk perguruan tinggi pasti kenal kertas lembar jawab yang pengisiannya musti dibuderin penuh. Kertas lembar jawab yang dipakai Try Out itu juga seperti kertas lembar jawab ujian masuk perguruan tinggi. Untuk SMP dan SMA jawaban dibuletin penuh, kalau untuk SD dengan tanda silang.

Secara umum, hasil pengisian anak SMP dan SMA lebih bagus dari SD. Artinya, anak SMP dan SMA sudah tahu cara pengisian yang benar. Sedangkan hasil pengisian anak SD masih banyak yang salah. Contohnya, bila namanya ARA, maka setelah menulis nama ARA, dia harus memberi tanda silang di huruf A pada lajur pertama, memberi tanda silang pada huruf R di lajur ke dua dan menyilangkan huruf A di lajur ke tiga. Banyak anak-anak yang menyilangkan huruf A, R dan A di lajur pertama. Dengan demikian software tidak bisa membaca lembar jawaban dengan benar.

Untuk adik-adik SD, SMP dan SMA,  kami  memberikan  tips dan trick menghadapi ujian agar bisa berhasil dan terhindar dari halangan non teknis yang seharusnya sudah bisa diantisipasi.

 

  • Sehari sebelum ujian jangan begadang, jaga kesehatan, dan tidur yang cukup
  • Biar kamu ga nyasar dan bingung cek dulu dong lokasi sehari sebelum pelaksanaan ujian
  • Sarapan secukupnya aja biar ga keroncongan pas lagi mikir
  • Dateng lebih cepat pasti oks banget, adaptasi ama suasana biar enak
  • Kenakan pakaian yang nyaman, rapi dan sopan, biar pede pas ujian, sembari ngarep ketemu kecengan
  • Persiapkan alat tulis beserta cadangan
  • Nomor ujian, kartu ujian, jangan sampai ilang atau lupa ga kebawa
  • Matiin hape selama ujian, biar ga keganggu pas lagi mikir
  • Jangan lupa perlengkapan tambahan jika ada, jam tangan, tissue/sapu tangan

 

Pada saat hari H ada juga tips dan tricknya :

 

  • Awali dengan doa, supaya hati mantab menjawab setiap soal yang ada
  • Pastikan pensil yang kamu pake buat ujian pas hari H adalah PENSIL 2B ASLI. Percayakan pada merk pensil 2B yang sudah terbukti dan terbiasa digunakan dalam ujian.
  • Baca petunjuk pengisian lembar jawaban dengan baik-baik, tulis nama, nomor peserta/identitas lain, baru beri bulatan di bawahnya pada huruf dan angka yang sesuai.
  • Tenang dan pe de ngerjain tiap soal dengan telaten
  • Untuk tiap soal, pilihlah satu jawaban yang benar dengan membulatkan secara rapih dan penuh
  • Buat adik-adik SD, isi lembar jawabnya pake tanda silang (X) aja. Silang yang tebal yaa ….
  • Biasanya soal masing-masing peserta bisa berbeda, jadi … nyontek kayaknya sia-sia … bikin cape deh
  • Manfaatkan waktu yang tersisa untuk ngecek lagi jawaban kamu, nama kamu, nomor atau identitas kamu sekali lagi sebelum dikumpulkan.

 

Tips dan trick menghadapi ujian itu kami buat dalam bentuk brosur.  Macam-macam tanggapannya ketika saya bagi-bagiin sticker dan brosur   ke anak-anak SD . Ada yang senang, ada yang tanya bayar atau engga sebelum terima. Setelah dikasi tau kalau gratis, baru mau ambil. Ada yang berebutan, ada yang bilang belum dapat padahal tangan kirinya sudah pegang sticker, ada yang kembaliin karena dapat lebih dari satu. Ada yang bengal, berulang-ulang datang, katanya minta tempelan, maksudnya sticker. Saya tanya, mau kamu tempel di mana banyak-banyak ? Katanya, mau saya tempel di mobil. Sementara teman sebelahnya nyeletuk, emang elu punya mobil ? He hehe … trus di bengal ngejawab, iya mobil angkot ! Satu hal yang membuat saya senang atau mengarah ke geer adalah,   anak-anak SD itu dengan polos minta sticker sambil bilang, saya kak ! saya belum kak ! Ih gue dipanggil ‘kak’ ama anak SD. Ngga tau ya kalo saya seumuran ibu atau guru mereka.

 

One thought on “Try Out Akbar Nasional 2008

  1. Semangat ya mas….periksa soalnya sampe begadang-begandang nich kaya’nya…..
    hebat nich…DMR, selangkah lebih maju mensosialisasikan tips untuk UAS BN, bagaimana dengan pemerintah sendiri??(mau menyusul)wakakaka…
    secara..anak2 SD still confuse about ujian ini(cinta laura mode : on;)
    anak SD yg minta stiker tadi tuch kocak banget.dijitak aja tuch mas…lariii(sambil dikejar ibunya)…..

    Iya nih ampe pegel-pegel.Semoga anak-anak itu pada sukses deh lulus semua pas ujian nanti. Tapi saya bukan mas-mas loh🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s