SIM Hilang ? Gini Cara Buat Penggantinya

Saya nih ya, juga mungkin situ juga, kalau nyetir butuh ketenangan soal surat-surat. Maksudnya, STNK musti ada, SIM juga. Baru deh tenang nyetirnya.

Dua surat itu, biarpun udah pada kadaluarsa , kalau saya lupa sudah kadaluarsa, tetep aja tenang nyetirnya. Tapi setelah nyadar misalkan udah 2 minggu yang lalu kadaluarsa, langsung deh deg-degan, gak konsen dan saya lebih baik stop nyetir.

Males masalahnya kita urusan ama Polisi. Surat-surat lengkap dan menurut kita nggak salah karena rambu nggak ada aja kita masih salah di depan Polisi, apalagi kalau suratnya gak lengkap. Meski saya jarang sekali urusan sama Polisi di jalanan, bisa dihitung kurang dari 5 jari dalam hampir 20 tahun karir saya sebagai supir , tapi tetep aja musti siap-siap . Nggak tau kenapa Polisi tuh sepertinya punya insting tinggi nyetop kita yang nggak bawa surat-surat.

Menurut posting-annya TMC , Pasal 281 jo psl 27 ayat 1 UU LL, mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dengan tidak memiliki SIM dipidana kurungan 4 bulan atau denda 1 juta rupiah.

Nggak tau itu wacana atau apa. Dulu pernah teman saya vang nyetir salah baca rambu, langsung diarahin ke pinggir sama Polisi. Mobil plat Bandung, kejadian di Jakarta dan teman saya ini gak bawa SIM. Biasa aja tuh Polisinya.  Nggak nyangkain ini indikasi tindak kejahatan pencurian mobil ato apa. Urusan beres, cuman minta duit 60ribu perak. Yah meski jaman itu segitu udah bisa buat beli Levi’s asli.

Pernah nggak sih denger orang dikurung 4 bulan gara-gara nggak bawa SIM ? atau denda 1 Juta ? Urusan beres di tempat, kan ? *aduh maap yah kalo kerasa nyinyir, mudah2an bukan saya dan situ yang kena*

Jadi, SIM itu penting daripada kita kena denda resmi 1 juta perak atau kedinginan di penjara selama 4 bulan. Di dompet harus ada. Dan dompet harus dibawa pas kita nyetir. Oya, STNK jangan ketinggalan. Sisipin aja di dompet kunci.

***

Minggu lalu anak saya minta dibeliin baju bola. Ini tumben tumbenan saya cek dompet mau lihat posisi SIM ada di mana. Lha kok di setiap sisipan dompet nggak ada tuh SIM saya. Sampai saya bongkar segala macem slip-slip tagihan, duit, kartu kartu yang lain, tetep aja SIM nggak ketemu. Bongkar semua tas juga gak ketemu. Wassalam, akhirnya gak jadi tuh beli baju bola, karna saya nggak mau nyetir nggak bawa SIM. Kacau banget SIM di mana yah .

Harapan satu-satunya mungkin ada di meja kantor. Besoknya saya cari juga nggak ada ! Alamat musti bikin SIM baru.

Saya putusin hari sabtu buat bikin SIM baru. Sebelumnya saya browsing-browsing cari info sebelum terjun bebas ke Samsat Daan Mogot.

Ternyata bikin SIM karena hilang itu gampang, lho. Sama gampangnya dengan kita perpanjang SIM di mobil SIM keliling. Sama gampangnya juga dengan perpanjang STNK yang cuman 3 menit (pakai drive thru). Nggak perlu calo. Begini nih ceritanya

***

Kalau mengurus SIM yang hilang kita musti ke Kantor Samsat yang di Daan Mogot.

Map picture

Teringat saya dua kali perpanjang SIM di sana. Baru terima karcis parkir sudah disambut para calo. Kita pake kacamata kuda aja yaa waktu itu karena mau proses sendiri aja. Bilang makasih … makasih …. Sudah masuk ke gedungnyapun yang kalau kita masuk harus tunjukin SIM/KTP (waktu itu), tetep aja dipepet sama calo. Kalau di dalam calonya pake seragam. Tapi kemarin itu saya nggak disambut calo parkiran.

Oya, sebelum ke Samsat, saya urus terlebih dahulu surat kehilangan di kantor polisi. Saya datang ke Kantor Polisi deket rumah yang buka 24 jam. Petugasnya langsung mengetikkan surat kehilangan. Tanya data kapan hilang dan dimana hilangnya. Surat Kehilangan ini kita bisa dapat secara gratis. Tapi kalo mau ngasih petugas yang jaga malem kayaknya gak pa – pa deh. Dia nggak minta, tapi kalo kita ikhlas dia juga senang.

Ok, lanjut ceritanya. Setelah kita terima karcis parkir, nggak jauh kira-kira 10 meteran ada loket yang musti kita datengin. Itu adalah loket cek kesehatan.

DSC01471-vert

Loket Kesehatan di parkiran

Ada dua antrian, kiri dan kanan. Kalau untuk SIM A dan C ambil antrian sebelah kiri, karena yang kanan untuk SIM B. Di situ kita beli form kesehatan seharga Rp 20.000. Tunjukkan KTP kita, bilang untuk SIM hilang.  KTP nya akan disteples dengan form. KTP yang berlaku adalah KTP Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang yang asli dan masih berlaku.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di belakang loket. Kalo kata saya sih ini bukan pemeriksaan kesehatan. Tapi lebih ke pemeriksaan buta huruf, buta aksara , buta angka. Bisa nggak baca abjad atau angka. Prosesnya sama seperti kita cek mata di dokter atau di optik.  Cuman ini prosesnya cepet banget, nggak sampai 1 menit untuk 1 orang !

Di dekat loket keluar pemeriksaan kesehatan, bergerombol orang antri memfotocopy KTP atau dokumen lain. Crowded banget. Saran saya, kalau mau fotocopy mending sebelum ke sana. Atau kalau lupa, di dalam gedung juga ada loket fotocopy. Nggak desak-desakan,  satu lembar 500 rupiah.

Setelah pemeriksaan kesehatan, kita masuk ke gedung utama.

DSC01475

Gedung Utama

Yang boleh masuk ke gedung ini cuma orang yang mau buat SIM. Yang nganterin nggak boleh masuk ! Gimana taunya yang buat SIM mana yang anterin mana ? Yang buat SIM ya yang bawa form kesehatan tadi itu. Jadi yang manis manja pingin ditemenin ke mana mana harus belajar mandiri di sini, yaa …

Saya lalu ke Bank DKI, tempatnya setelah pintu masuk ada di sebelah kiri. Di situ kita bayar pembelian form. Untuk SIM hilang biayanya sama dengan perpanjang yaitu Rp 80.000,-. Saya juga bayar asuransi di loket samping Bank DKI Rp 15.000.

Setelah bayar form, saya ke loket pengambilan form yang terletak di belakang Bank DKI. Di loket itu petugas bilang , setelah isi form  ke loket arsip di lantai 2.

Jangan lupa juga ya pada bawa balpoint buat isi form, karena di sana gak ada balpoint gratis. Yang bikin gemes, sebelah saya ada dua orang cewe, tiap isian dia selalu nanya. Ini apa sih .. ini isinya apa sih …. Ihh tau ahh … udah gede ngisi form SIM aja gak bisa!

Di loket arsip saya serahkan form pendaftara, foto copy KTP dan surat kehilangan dari kepolisian. Saya diminta tunggu di ruang tunggu. Petugas yang di ruang arsp itu mencari arsip kita berdasarkan nomor KTP. Kalau punya fotocopy SIM bisa juga dilampirin. Nggak berapa lama nama saya dipanggil. Ada catatan ditulis pakai spidol di form pendaftaran, mungkin itu index data SIM saya.

DSC01482

Loket Arsip di Lantai 2

Dari loket Arsip saya diminta ke loket nomor 18 di lantai bawah.  Kemudian proses foto di loket nomor 25.

DSC01488

Ruang Foto

Selesai foto saya tunggu deh di ruang 30. Baru taro pantat nggak ada 5 menit, nama saya dipanggil. Eh SIM nya udah jadi !

DSC01491

Total waktu nggak sampai 1 jam untuk proses pembuatan SIM saya yang hilang. Yang bikin lama karena jarak antar loket yang berjauhan. Kalau aja loketnya sebelah-sebelahan mungkin cuma 10 menit kali. Kaliii loooohh . Dan ternyata SamSat pun sudah punya standar waktu proses penerbitan SIM.

DSC01481

Jadi , untuk buat SIM karena hilang , dokumen dan barang yang diperlukan buat dibawa adalah :

1. fotocopy SIM (kalau ada)

2. KTP asli

3. Surat Kehilangan dari Kepolisian

4. Balpoint

5. fotocopy KTP (2x)

Biaya yang dikeluarin :

1. Test kesehatan Rp 20.000

2. Formulir Rp 80.000

3. Asuransi Rp 15.000 (kayaknya ini optional)

Gitu deh,, beres sekarang saya punya SIM baru. Hitung-hitung tahun depan gak perlu perpanjang karena kebetulan SIM yang hilang habisnya tahun depan.

SIM yang baru berlaku 5 tahun ke depan.

***

Hari Selasa malamnya anak saya teriak  “ Buuu… Ibuuu …ini SIM Ibu ada di laci !!!”

Haaa….. !!!

***

nambah :

Ada yang bikin penasaran saya tentang lokasi Samsat. Di dekat SamSat ada tanah lapang bentuk lingkaran. Itu sebenernya apa , sih ? Ada yang bisa kasih info ?

IMG_3476

Fenny f_tjawi@yahoo.com 182.4.199.3

Thanks banget buat info nya. Saya pakai untuk panduan td pagi sy urus sim hilang saya. Mau update saja. Skrg bank nya sudah bank bri. Uang kesehatan 25 rb. Formulir 80rn. Asuransi 30 . Nah, pada saat pengambilan sim, diminta 5 rb. Saya kasih 10 rb, tp nga dikembalikan. Jd sy anggap uang palak tidak jelas. Hehehe. Proses cepat. Kyknya td sy cuma stgh jam. Yg agak lama ( 5 min ) itu pada saat cari dokumen sm jalan dr 1 loket ke loket lain. Bener2 jalan dr ujung ke ujung. Tapi secara keseluruhan, masih okei, kecuali beberapa petugas nya yg judes judes.

Agung Tan bboymocca@yahoo.com 206.53.152.4

Update u/ mulai tanggal 6 April 2013

Test Kesehatan : Rp. 25.000,- Operasional : – Senin – Jumat : 08.00 – 13.00 WIB – Sabtu – Minggu : 08.00 – 12.00 WIB Fornulir : Rp. 75.000,- Asuransi : Rp. 30.000

* amannya bawa 3 fotokopi ktp * ane kasih 20rb untuk mas yg di loket arsip lantai 2 dan 5rb untuk pak polisi di loket 30 yg bacain nama waktu kita nunggu di loket 32

 

About these ads

74 gagasan untuk “SIM Hilang ? Gini Cara Buat Penggantinya

  1. Thanks infonya…btw hari ini rencana mau kesana urus SIM saya yg hilang (yg hilang dompet plus isinya termasuk SIM)

    Itu area berbentuk lingkaran adalah komplek stasiun bumi Indosat, yg kontrol satelit palapa nun jauh di atas sana :)

  2. Baru aja ngurus SIM hilang. Kebetulan yang hilang Sim A+ Sim C, kecopetan.

    Ga tau udah naik biayanya atau gimana, tapi ini perincian biaya yang dikeluarkan (siapa tau ada yang butuh):
    Tes Kesehatan: Rp 25,000 (di loket ada tulisannya 25rb)
    Formulir (A+C): Rp 155,000
    Asuransi: Rp 30,000 (kalo belum terlanjur kayaknya ga usah. Asuransinya juga ga jelas, kalo klaim kemana?)
    Pas ambil SIM diminta: Rp 5,000 (ini ga ada kuitansinya)

    Buat mbak/ibu Enopie, makasih banyak sudah nulis pengalaman-nya. Sangat membantu. Prosedur pengurusannya persis seperti yang diceritain.

  3. mbak jadi kalo tanpa foto copy sim yg hilang tetap bisa diurus kan, masalahnya saya g pernah foto copy sim selama punya,, hehe, ini baru mau urus, stelah cari info” di internet eh ktemu blog sangat berguna sperti punya mbak ini… lalu saya mau tanya, lokasi pembuatan sim baru dan sim hilang berbeda kan y mbak? kalo sim baru di polres, kalo sim hilang di samsat, tolong pencerahannya.. trima kasih mbak sbelumnya..

    • Dear Rangga, nggak pake fotocopy bisa kok, key-nya sepertinya nomor KTP. Kalau lokasi pembuatan SIM hilang untuk Jakarta dan sekitar di Samsat Daan Mogot. Saya malah nggak tau kalau bisa bikin baru di Polres, kirain cuma perpanjang aja. Coba liat comment sebelum Rangga, di situ dikasih tau up date biaya terbaru. Good luck, ya :)

  4. klo jakarta,buat sim baru,mati lebih dari satu tahun tetap harus di daan mogot.klo bekasi bikin baru dipolres tapi di samsat nya.

  5. Salam, mas, mau nanya untuk persyaratan KTP, apakah harus KTP jabodetabek, soalnya KTP saya adalah KTP Makassar, dan itupun yang asli udah hilang bersama dompet saya, jadinya yang ada cuman fotocopiannya aja. Gimana ya kl seperti itu?
    makasih

    • hmmm…. bikin SIM nya di mana ? Di Makassar juga kah ? Kalau yang saya lihat di Samsat Daan Mogot, KTP yang berlaku cuma Jabodetabek.
      Kalau nggak ada berkasnya di Daan Mogot, sepertinya gak bisa deh.

    • - ke polisi urus surat kehilangan : KTP dan SIM
      - fotocopy surat kehilangan buat urus KTP, kalo takut nggak boleh fotocopy-an, scan berwarna aja terus print berwarna :)
      - urus dulu kehilangan KTP nya
      - baru urus SIM

  6. urus surat kehilangan ke kepolisian bisa tanpa fotokopi sim nya? soalnya sim saya sudah hilang lama dan saya memang belum lapor.. kecopetan..

    • Bisa, waktu itu saya pakai KTP.
      Sepertinya bisa juga pakai ID card yang lain. ID card cuma dipakai untuk nulis data di surat kehilangannya.
      Sama polisinya nanti ditanya : kapan ilangnya dan dimana perkiraan ilangnya

    • cash , mas. Ama polisi lha bayar pajak kendaraan yang juta-jutaan aja cash apalagi ini ‘cuman’ ratusan rebong. sukses ya urus sim nya :)

  7. pagi jam 00.30 dompet saya beserta isinya jatoh di jalan ntah di ambil siapa,
    yg hilang KTP ATM SIM A+C STNK.
    Saya sudah minta surat keterangan kehilangan ke polisi kira” prioritas yg di kerjain duluan yg mana yah??
    saya daerah bekasi. terimakasih

    • Turut prihatin ya , Mas Yoseph.
      kalau saya (mudah2an nggak terjadi sama saya)
      1. Datang ke Bank urus ATM. Jadi kartu ATM yang lama bisa diblokir, bikin yang baru. untuk identitas kita bisa bawa Buku Tabungan dan Kartu Keluarga (kalau dibutuhkan).
      2. Urus KTP ke RW minta surat pengantar untuk ke Kelurahan. Mudah2an bisa 1 hari selesai :)
      3. Abis itu baru deh urus kehilangan SIM.
      Mungkin yang lain ada usulan yang lebih oke ?

  8. Dulu SIM saya yang barusan hilang dibuat di Jakarta Jl. Daan Mogot, Apakah untuk penggantian karena hilang itu bisa ditempat lain, misalnya di Depok karena saya ktp depok, terimakasih atas penjelasannya

  9. mas… samsat yang di daan mogot apakah bisa mengurus SIM C bekasi? lalu saya kan udah pindah rumah ke jakarta apakah bisa KTP jakarta yg digunakan untuk proses tersebut? soalnya ktp lamanya juga turut hilang dlm dompet… terimakasih….

    • ini cuma perkiraan saya, ya :
      - mengurus SIM C bekasi : bisa , karena pelayanan untuk KTP Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang. PEngurusan dengan KTP asli.
      - mengurus SIM pakai KTP asli, sesuai dengan KTP ketika kita buat SIM, karena nomor referensi dokumen yang dipakai di sana adalah Nomor KTP. Kalau pakai KTP Jakarta yang baru, nanti nggak ketemu dokumen SIM-nya . Kecuali mungkin, KTP Jakarta aslinya dilampirkan dokumen perpindahan KTP Bekasi (ada no. KTPnya) ke KTP Jakarta. Ribet, ya. :(

  10. nice info sist,kebetulan dompet saya hilang secara misterius nih (nah loohhh …)
    klo saya ngurus tapi ngga punya fc simnya ngga papakan ya urus ke daan mogotnya?
    klo urus surat kehilangan di kepolisian sih saya udah oke.

  11. yang penting urus ktp nya dulu,biar ngga ada fc sim gpp kok,yg penting nanti ktpnya d fc 2x jgn lupa bawa surat kehilangan dr polsek domisili. . . .

  12. Oke…Saya akan sharing utk pengurusan sim yang hilang….yg terbaru..
    Pertama-tama saya ucapkan banyak terimakasih kepada yg punya blog ini enopiipone yg telah banyak memberikan sharingnya kepada teman-teman sekalian karena pengalamannnya ini sangat berharga bagi saya dan mungkin teman-teman sekalian.
    Hari Kamis tgl.4 Oktober 2012 saya niatkan utk mengurus sim yang hilang sejak setahun yg lalu (Sebetulnya udh ada niatnya 4 bln yg lalu ,tp belum ada waktu)…berbekal info yg saya print menjadi buku panduan saya ke samsat daan mogot…saya langsung meluncur ke daan mogot…tp sebelumnya harus kita persiapkan dulu seperti apa yg punya blog ini tulis…yaitu foto copy KTP anda minimal 5 lembar (Sy bawa 10 lembar biar aman,Kalo copy SIM yg hilang memang tidak penting),bawa surat keterangan hilang dari kepolisian sama bawa balpoint buat ngisi formulirnya.Lanjuuuuuuuutttt……..sesampainya di daan mogot…kita tidak usah bingung ,ikuti petunjuk yg udh punya blok ini jelasin (kalo saya penjelasannya saya cetak,sama foto-fotonya…he…he),uruttannya benar sekali seperti yang di jelasin diatas…yg berubah hanya banknya…kalo diatas itu banknya dki ,kalo saya kemarin banknya BRI.
    Ini Jalan saya kemarin sesuai penjelasan yg punya blok ini :
    1.saya (seperti orang Pede aja yg udh berurusan sering ke daan mogot ,padahal baru kali itu…he…he….) langsung ke loket cek kesehatan untuk bayar cek mata,kalo sim A dan C antriannya sebelah kanan,bayar formulir ke loket kalo saya sim a dan c yang dibayr utk form cek mata satu saja,udh bayar langsung ke belakang loket itu sendiri utk cek mata berupa angka2
    2.Setelah selesai ke gedung utama….loket yang dituju loket bank BRI untuk bayar formulir nya…bilang aja “Pa…bayar formulir kehilangan sim a dan c”….setelah selesai bayar asuransi di loket asuransi ,sebelah bank BRI yg dibayar cukup satu saja,kemudian ambil formulir di belakang bank BRI (masih dalam gedung itu juga bilang “Pa ambil form untk hilang sim..untuk yg ini nga bayar kok.”,karena saya 2 ilangnya,maka di kasi dua kalo satu yg dikasih satu formulirnya) kemudian isi formulirnya…cara ngisinya liat aja di papan cara penulisan form …disitu keliatan gede banget dan jelas….setelah selesai bawa ke bagian arsip sim untuk di verfikasi apakah sudah pernah bikin sim ato belom dan untuk mencari nomor sim nya yang lama…pas di bagian arsip kasih foto cop ktp ama surat kehilangan yang asli….tunggu di ruang tunggu sambil nunggu di panggil…setelah di panggil….biasanya polisinya minta tuh…..waktu itu saya kasih 20rb nga mau dia,kayanya minta 50rb tp saya nga kasih akhirnya uangnnya di balikin ke saya.Setelah selesai dapat nomor sim lama saya langsung ke loket 18 utk daftar foto dan bayar…kemudian foto di loket 25.setelah itu masuk ke ruang tunggu ambil foto di loket 30….tunggu sebentar foto jadi sambil bayar…..10rb utk tempat sim
    3.setelah semuanya selesai,setelah dihitung ternyata cuma 385rb untuk 2 sim a dan c…coba bayangkan kalo ngurus sim di biro jasa bisa kena 1jt untk 2 sim …dengan alasan bikin baru….Oh ya jangan lupa siapkan uang receh ….waktu itu saya tukar 200rb uang receh 5rb-an)
    4.sekian pengalaman saya…terimakasih lagi utk yg punya blok ini,moga-moga dapat pahala dari tuhan YME …amien…
    5.Untuk Temen-temen sekalian ayo jangan ragu …jika sim ilang….ikutin cara saya seperti itu…yang asalnya dari yg punya blog ini….jika kurang faham bisa hubungi sayalewat email; mudji_untag@yahoo.co.id

  13. wah kebetulan lg mau buat sim, mau tanya dong saya ktp bekasi, namun berdomisili di jakarta. kalo mau buat sim jakarta bisa ga ya pakai ktp bekasi..
    tolong infonya ya, makasih.

  14. thanks buat info nya.
    mau tanya, kalo surat kehilangan dari polisi itu dalam bentuk fotocopy bole ga ya?
    soalnya saya udah minta surat kehilangan dari polisi (yang asli) 2kali, satu buat ktp, yang kedua buat bikin passport. (tas saya kejambret, mana isi tas ada ktp, sim a & sim c, passport, kartu kredit, duit cash.. hikssss— bagi2 berkat cerita nya ke orang hehehe…).
    trus mau tanya juga, kalo sim a & sim c terakhir itu saya buat di banda aceh. tapi ktp saya ktp jakarta.
    bisa ga ya buat sim a & sim c di samsat daan mogot jakarta?
    thanks again… ^^

    • Turut prihatin atas peristiwa menyebalkan itu. Semoga akan mendapat ganti yang lebih baik dan barokah.

      Setau saya (silakan koreksi kalau salah), KTP diperlukan untuk dilihat nomornya. Nomor KTP menjadi key untuk mencari berkas yang ada di ruang berkas. Kalau KTP Jakarta dan buat SIM nya di Jakarta, dipastikan ada berkasnya di Samsat Daan Mogot. Tapi kalau KTP Jakarta buat SIM nya di Banda Aceh, ubek-ubek segedung kayaknya bakalan gak ketemu berkasnya,kecuali kalau semua berkas SIM se-Indonesia dikumpulin di sana.

      Tapi mungkin saya salah.

  15. saya juga mau sedikit crita ni masalah pengurusan SIM hilang . . . .
    tanggal 19 desember kemaren saya ngurus SIM hilang di samsat Da’an Mogot Jakbar , ga beda jauh sama yang di seritakan empunya blog ini
    Siap kan surat kehilangan dr kepolisian tmpat anda yg trdekat dan jgn lupa bw KTP asli dah foto copy 3 lmbar buat cadangan Br menuju samsat daan mogot sampe diparkiran langsung aja tanya loket kesehatan sertakan surat kehilangan dan ktp asli jgn lupa byar 25rb trus nanti di test duduk suruh membaca huruf dtembok ga smpe 1 menit saya , langsung menuju gedung sim didalm ada bank BRI masuk dan blng mau beli formulir SIM hilang dgn harga 80rb lalu dkasih struk aja buat tukar formulir klo sudah dapat langsung di isi saja lanjut naik ke lantai 2 ruang arsip untuk nyocokin data katnya dan ga byar kog …. ga lama saya dipanggil trus turun ke loket 18 . . . . Loh kok jd tuker sm kertas sobekan formulir td ?? Lanjut ke loket 26 buat foto trus krtas td jd kan 1 sama foto copy KTP . . . Dan antri foto klo udh selesai ke loket 30 ambil SIM yg sudah jadi byar lg 5rb . . . . . Beres anda sdah pnya sim , saya ga pake byar asuransi tp klo mau tnya aja sm petugas dsana
    ga usah pakai jasa calo ya :)

  16. maaph mba, mas… mw tanya neh… saya pernah di tilang trus sim saya kena,,, beberapa hari kemudian surat tilangnya hilang jd saya ga ambil dah tuh simnya,,,
    kira2 saya harus bkin sim baru atau lapor kehilangan ya????
    mohon saran mba mas,,,

    makasih

    • wah saya nggak ngerti apa data di pengadilan nge-link dengan data di samsat.
      kalo enggak sih, mending lapor ilang kali ya … he he …daripada urusan ke pengadilan tanpa bawa surat tilang. lha yang bawa surat aja masih dikerjain di pengadilan, apalagi yang nggak bawa (ini pengalaman teman saya).

  17. Thx info nya buat enopiipone…
    hari ini baru saja bikin sim yang hilang.. ikutin prosedure dari sis enop.. ternyata emang gampang… Pertama2 sampai di samsat langsung ke gedung biru.. ketemu polisi ditanya keperluannya apa.. bilang mau bikin sim hilang.. langsung di bilang mesti minta surat perpanjangan sim keliling (soalnya dulu perpanjang di sim keliling). kalau tidak ada jatuh2nya bikin sim baru..(cape deh).. akhirnya saya menuju ke cek kesehatan saja sesuai dengan petunjuk di blok ini… setelah itu mau bayar bni salah counter malah bayar asuransi.. sebenarnya asuransi ini tidak perlu sih… soalnya sim nya belum mati.. tapi dah keburu bayar ya sudah lah.. akhirnya cari bri bayar 75.000,- terus keruang arsip, foto + tandatangan.. tunggu bentar langsung ambil sim baru nya.. sebenarnya sudah jauh sangat mudah dibandingkan dulu.. (soalnya dulu pernah ikut ujian ambil sim A+C tanpa calo)…
    Proses +- 1-1,5 Jam
    Biaya +- Rp.150.000,- total (termasuk minta surat keterangan hilang dari polisi setempat)
    NB : tidak perlu adanya fotocopy sim yang lama…

    thx..

  18. Update u/ mulai tanggal 6 April 2013

    Test Kesehatan : Rp. 25.000,-
    Operasional :
    - Senin – Jumat : 08.00 – 13.00 WIB
    - Sabtu – Minggu : 08.00 – 12.00 WIB
    Fornulir : Rp. 75.000,-
    Asuransi : Rp. 30.000

    * amannya bawa 3 fotokopi ktp
    * ane kasih 20rb untuk mas yg di loket arsip lantai 2 dan 5rb untuk pak polisi di loket 30 yg bacain nama waktu kita nunggu di loket 32

  19. Thanks buat infonya yg sangat berguna.
    Kbetulan sy jg sedang ingin mengurus hilang sim A + C.
    Barangkali ada yg memiliki pengalaman serupa.
    Yang mau say tanyakan, dulu sy membuat sim A di daanmogot (menggunakan ktp jkt) kmudian pindah ke bekasi dan setelah itu membuat sim c di bekasi (sesuai ktp baru). Nah utk pengurusan hilang ini apakah sy bisa melakukannya di satu tempat (bekasi) utk kedua sim tersebut?
    Terima Kasih.

  20. Thanks banget buat info nya. Saya pakai untuk panduan td pagi sy urus sim hilang saya.
    Mau update saja. Skrg bank nya sudah bank bri. Uang kesehatan 25 rb. Formulir 80rn. Asuransi 30 . Nah, pada saat pengambilan sim, diminta 5 rb. Saya kasih 10 rb, tp nga dikembalikan. Jd sy anggap uang palak tidak jelas. Hehehe.
    Proses cepat. Kyknya td sy cuma stgh jam. Yg agak lama ( 5 min ) itu pada saat cari dokumen sm jalan dr 1 loket ke loket lain. Bener2 jalan dr ujung ke ujung.
    Tapi secara keseluruhan, masih okei, kecuali beberapa petugas nya yg judes judes.

  21. Mau nanya gan, ane udah sebulan yg lalu ilang n lapor polsek biar dapet surat ket. Ilang

    Krna ga sempet2 ngurus, katanya disamsat ciledug (pas ngurus stnk) surat polseknya jangka waktunya udah kadaluwarsa hanya 2minggu.

    Ane wktu bikin sim dulu di polres tangerang kota, apa bisa bikin sim baru yg ilang di samsat daan mogot? (domisili tangerang)

    Trus apa ane bikin baru ke polsek lagi surat ilangnya? Tapi lapornya gimana kan udah sebulan yg lalu.. Apa ga usah bkin surat ilang yg baru?

  22. pertama tama mau bilang makasih banget banget sama ibu enopie buat blog nya ini. kalo ga ketemu blog ibu. pasti saya kena tipu calo calo disana.

    prosedurnya masih sama kaya yg ibu tulis diatas. cuma habis 220 rb. itupun udah termasuk ongkos “terimakasih” ke petugas petugasnya. seperti yg komen diatas, yg penting PD aja. engga celingak celinguk

    terimakasih ya ibu enopie, info dr ibu amat sangat membantu. bless you mam.

    *sesudah beres, akting nanya nanya ke calo. mrk minta 400k u/SIM A, 300k u/SIM C. amsyoong benerrr..

  23. Test Kesehatan : Rp. 25.000,- Operasional : – Senin – Jumat : 08.00 – 13.00 WIB – Sabtu – Minggu : 08.00 – 12.00 WIB Fornulir : Rp. 80.000,- Asuransi : Rp. 30.000

    Skrg di bagian arsipnya parah,.. Biarpun di kasih 20,000 tetep aja lama.. Ada org ud nunggu sampe 2-3jam..

  24. ckckc kasian rakyat….SIM hilang saja harus keluar kocek 200rban…. padahal di bank swasta kalau hilang kartu kredit/ATM cuman bayar 10 rb…. kita bayar pajak itu kemanain ya? memang negri autopilot…rakyat sapi perah…

  25. saya juga kehilangan sim C , namun fotokopi sim nya yg lama masih saya simpan. Lantas apa saya harus ke ruang arsip juga? mohon bimbingannya terima kasih :)

  26. Mau Nanya gan, saya kehilangan SIM C terus saya mau buat SIM C lagi..tapi SIM C saya alamatnya di daerah Kebon Jeruk Jakbar sedangkan KTP saya sudah Tangerang..gmn prosesnya ya gan apakah sama dengan kita urus SIM C hilang seperti diatas? Mohon infonya ya gan..Thanks

  27. Mantaps petunjuk yang diberikan blog ini, saya urus SIM hilang hari Rabu tgl 19-11-2013 di Daan Mogot dan semua prosedur masih persis sama dan hanya perlu waktu +/- 40 menit dari parkir motor sampai balik ke motor lagi …hehehe

    Adapun biayanya:

    Formulir Test Kesehatan : Rp. 25.000,-
    Fornulir SIM A : Rp. 80.000,-
    Asuransi : Rp. 30.000
    Bayar di loket 18 Rp. 30.000,-
    Sumbangan di Arsip Rp. 20.000
    Sumbangan ambil SIM Rp. 5.000,-
    Total Rp. 190.000,- dibanding lewat biro jasa Rp. 500.000,-

    Thanks

    • hmmm…penjelasannya minta ama yang minta uang segitu aja, bos. Maksudnya itu uang jasa atau apa ?

      Ini info terakhir

      Rendy
      Rendy2000@yahoo.com
      202.191.2.10
      Submitted on 2013/11/20 at 1:36 am

      Mantaps petunjuk yang diberikan blog ini, saya urus SIM hilang hari Rabu tgl 19-11-2013 di Daan Mogot dan semua prosedur masih persis sama dan hanya perlu waktu +/- 40 menit dari parkir motor sampai balik ke motor lagi …hehehe

      Adapun biayanya:

      Formulir Test Kesehatan : Rp. 25.000,-
      Fornulir SIM A : Rp. 80.000,-
      Asuransi : Rp. 30.000
      Bayar di loket 18 Rp. 30.000,-
      Sumbangan di Arsip Rp. 20.000
      Sumbangan ambil SIM Rp. 5.000,-
      Total Rp. 190.000,- dibanding lewat biro jasa Rp. 500.000

  28. Numpang tanya apakah mesti ada fotocopy SIM Lama ya ?.
    Bisa ga ? kaLo SIM mati Laporan ke kantor poLisi SIM hiLang, daripada bikin baru Lebih ribet… :( hehe
    Oh iya.. 5 tahun LaLu buat SIM nya di Tangerang apa mesti ke Samsat Daan Mogot ? Update data terakhir donk kawan2x.. Tq ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s